NAIKNYA TARIF LAYANAN
GOJEK
Kenaikan tariff gofood pada 31 Mei 2016 menyebabkan
uang kas yang diterima driver mengalamai kenaikan 4.000 per transaksi. Sebelumnya
ongkos gofood adalah 15.000 dan 5.000 bagi Nonpartner dan Partner gofood,
sekarang menjadi 19.000 dan 9.000. Hal ini membuat uang yang diterima driver
menjadi lebih banyak.
Tunggu dulu. Jangan terburu-buru mengambil keputusan
bahwa naiknya tarif berdampak langsung
pada kenaikan pendapatan driver . Ini yang harus di jelaskan kepada konsumen.
Karena dengan kenaikan tarif ini tentu konsumen bertanya, kenapa tarif
dinaikkan, penjelasannya akan di muat dengan pola Tanya jawab seperti di bawah
ini.
1.
Apakah
Pendapatan driver naik dengan naiknya tarif ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka akan di
uraikan contoh di bawah ini.
·
Contoh
1.
Pak budi adalah driver veteran gojek yang bekerja
melayani order apa saja, atau dengan kata lain dia jenis omnivora, “pemakan
segala order”. Suatu waktu di kala malam menjelang dia memperoleh order makanan
non mitra gofood jarak 4 km dengan tarif 19.000. Di saat dia mengantarkan
pesanan yang diminta, konsumen pun bertanya, mengapa saya harus membayar ongkos
lebih mahal dari sebelumnya yang hanya 15.000.
Apa yang akan di lakukan Pak budi ke konsumennya?
Pilihannya
a)
Langsung pergi, dan mengatakan jika tak
sanggup bayar jangan order.
b) Menganjurkan
konsumen bertanya ke kantor saja lewat medsos, atau telpon.
c)
Menjelaskannya sesuai dengan sudut
pandang realita kehidupan driver
Jawab : pilihan jawaban di atas tidak ada yang
salah, tergantung kearifan masing-masing driver.
Jawaban A secara alamiah akan terjadi. orang akan berhenti munggunakan suatu produk
jika produk itu sudah mahal dalam arti uang yang mereka keluarkan tidak
sebanding dengan nilai yang mereka dapat.
Jawaban B adalah mengarahkan konsumen untuk bertanya
pada otoritas yang berwenang. Namun terkadang jawaban yang diterima akan
terdistorsi oleh kepentingan otoritas pembuat harga.
Namun jika driver memilih C, penjelasannya adalah
sebagai berikut.
Tarif baru sebesar 19.000 adalah tarif yang tidak sepenuhnya menjadi hak driver.
Dari 19.000 kas yang di bayar oleh konsumen, 15% akan masuk ke gojek dengan cara
mengurangi rekening driver sebesar 3.000. Sehingga tarif kami sebenarnya sama,
tidak ada yang berubah 16.000 saja.
Dulu, pada saat konsumen membayar 15.000, gojek
tidak mendapat apa-apa, malah mereka menalangi pembayaran konsumen sebesar
1.000 per transaksi. Sehingga driver menerima 16.000.
Sekarang adalah waktunya Gojek untuk mengalihkan
seluruh pembayaran driver ke konsumen sebesar 16.000 dan mendapat bagian dari
usaha mereka dalam menyediakan jasa penghubung ini kepada konsumen sebesar
3.000. ini lumrah seperti orang-orang yang berjualan untuk mendapatakan untung
agar mereka dapat terus melanjutkan usahanya.
Jadi intinya, pendapatan
driver tidak naik dengan naiknya tarif. Kenaikan tarif sebesar 4.000 yang di
bayar konsumen, di alokasikan 3.000 masuk ke gojek dan 1.000, masuk ke driver.
2.
Berapa
laba per transaksi layanan Gojek dengan tarif baru ini ?
Cara
cepat untuk mengetahui perusahaan laba atau tidak adalah dengan mengurangi
seluruh biaya yang dapat di quantifikasikan dengan pendapatan yang diperoleh.
Pendapatan gojek berasal dari jasa yang ia sediakan
untuk di beli oleh konsumen. Jasa tersebut ialah seluruh jasa yang ada di
aplikasinya. Namun untuk kali ini kita akan mengkhususkan dari jasa Goride dan
goofod.
·
Jasa
Goride/Gosend.
Pendapatan dari jasa ini adalah sebesar Tarif yang
di bayar konsumen sebesar 15.000 sampai jarak 6 km dan 2.500/km setelah 6 km.
Biaya yang timbul dari jasa ini adalah tarif yang di
bayar gojek kepada driver yaitu sebesar 12.000 sampai 6 km dan 2.000/km setelah
6 km.
Dengan demikian laba yang di dapatkan oleh gojek adalah
sebagai berikut :
Untuk
lebih memperjelas, maka akan dibuatkan contoh sebagai berikut.
·
Contoh
2.
Transaksi
Gosend dan Goride di Yogyakarta pada suatu periode tertentu adalah sebagai
berikut :
a)
2.300 transaksi rata rata < 6 km
b) 1.100
transaksi 10 Km dan
c)
560 transaksi 15 km
Berapa
·
Jumlah Pendapatan
·
Jumlah Biaya
·
keuantungan Gojek untuk masing-masing
kondisi
Jawaban
a)
2.300 transaksi rata rata < 6 km
Pendapatan = 2.300 x
15.000 = 34.500.000
Biaya = 2.300 x 12.000
= 27.600.000
Laba = 2.300 x 3.000 =
6.900.000
b) 1.100
transaksi 10 Km dan
Pendapatan = 1.100 x 2.500 x 10 = 27.500.000
Biaya = 1.100 x 2.000 x
10 = 22.000.000
Laba = 1.100 x 500 x 10
= 5.500.000
c)
560 transaksi 15 km
Pendapatan = 560 x
2.500 x15 = 21.000.000
Biaya = 560 x 2.000 x
15 = 16.800.000
Laba = 560 x 500 x 15 = 4.200.000
·
Jasa
Gofood
Pendapatan dari jasa ini adalah sebesar Tarif yang
di bayar konsumen sebesar 19.000 sampai jarak 6 km dan 2.500/km setelah 8 km.
sedangkan untuk tariff mitra Gofood 9.000 sampai jarak 25 km.
Biaya yang timbul dari jasa ini adalah tarif yang di
bayar gojek kepada driver yaitu sebesar 16.000 sampai 8 km dan 2.000/km setelah
8 km.
Dengan
demikian laba yang di dapatkan oleh gojek adalah sebagai berikut :
·
Contoh
2.
Transaksi
Gofood di Yogyakarta pada suatu periode tertentu adalah sebagai berikut :
a)
2000 transaksi rata rata < 8 km partner
gofood dan 1.000 non partner gofood
b) 500
transaksi 10 Km partner gofood dan 250
non partner gofood.
Berapakah
·
Jumlah Pendapatan
·
Jumlah Biaya
·
Keuntungan atau kerugian Gojek untuk
masing-masing kondisi
·
Jika Nilai total transaksi partner dari
2.500 Transaksi adalah sebesar 130.000.000, maka apa yang terjadi pada
transaksi Partner Gofood
Jawaban
Jika Nilai total transaksi partner dari 2.500
Transaksi adalah sebesar 130.000.000, maka bagi hasil dari partner gofood
adalah = 15% x 130.000.000 = 19.500.000.
Laba = Pendapatan
+ Bagi hasil partner- Biaya transaksi gofood partner ke driver
Laba = 19.500.000- 19.500.000 = 0
3.
Apakah
menaikkan tarif merupakan cara terbaik untuk mendapatkan laba ?
Ada
beberapa cara untuk meningkatkan laba. Seperti yang telah di jelaskan
sebelumnya bahwa rumus laba adalah
Cara
1
Menaikkan
Pendapatan dan mempertahankan biaya
Cara
2
Menurunkan
biaya dan mempertahankan Pendapatan.
Cara
3
Menaikkan
Pendapatan dan menaikkan Biaya namun kenaikan pendapatan lebih tinggi dari
kenaikan biaya.
Pada
saat penetapan tarif baru gofood per 31 Mei 2016, Gojek memilih cara 1. Tentu banyak
pertimbangan yang membuat gojek memilih cara tersebut. Dan pemilihan cara 1
telah memperhitungkan dampak yang akan terjadi. Dan mungkin dengan cara 1
inilah dampak yang terbaik daripada cara lain.
Di posting selanjutnya kita akan
menjelaskan bagaimana penjelasan dari cara 2 dan 3, jika itu yang akan di pilih
Gojek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar